Friday, July 8, 2016

WONOSOBO - DIENG - PADANG SAVANA DIENG PLATEAU.

Halllooo... happy long weekend
In this time, gue mau cerita liburan gue ke daerah Dieng, yang ada di Wonosobo Jawa Tengah.

Rabu , 4 Mei 2016

Perjalanan dimulai pada hari Rabu kira kira jam 10 malam tanggal 4 Mei 2016, kita berlima (Gue, Indah, ka Isya, bang Angga, bang El) berangkat dari daerah Ciputat menggunakan mobil, dan kondisi jalan saat itu ternyata macet, iya, seperti kalimat yang gue bilang diatas, long weekend, karena liburan ini pas banget tanggal merah di hari kamis dan jumat dan berkelanjutan sampai sabtu dan minggu, jadi perjalanan kita luar byaasaahh macetnya. Di perjalanan ini gue nyampe tujuan itu hari jumat jam 1 atau 2 an pagi. Kita menuju Wonosobo lewat jalur tol cipali terus keluar di daerah Brebes dan macet lagi ga ketulungan BT nya. Di perjalanan  gue ngobrol-tidur-ke pom bensin-pipis-tidur - nyemil ya gitu gitu aja di dalem mobil. Sampai ketika gue pindah posisi duduk dari bangku tengah ke bangku belakang buat tidur yang lebih comfort hahaha.  Gue bangun-bangun udah sampe daerah wonosobo yang ternyata omaygatttt!!! itu dingin banget kaya kulkas,  gue ga nyangka dingin nya sampe kaya gitu. Perjalanan ke atas Dieng ini kaya puncak berkelok kelok naik terus ke atas sampe kuping bindeng.
Setelah sampai ke tempat tujuan, kita menuju ke Home Stay untuk istirahat. kita menggunakan 2 home stay, di home stay yang pertama ini kita emg sebelumnya belum booking, karena ga sesuai dengan rencana yang di bikin karena macet, jadi dapet yang seadanya aja. Menurut gue home stay yg ini agak kurang recomended karena kurang nyaman menurut gue. Dari mulai kamar, dapur dan kamar mandi nya.  Sambil istirahat di home stay, sambil ka isya jemput pacarnya di magelang, namanya syifa.  Jadi kita berempat (gue, indah, bang el, bang angga) di drop dulu ke home stay dan ka isya melanjutkan perjalanan ke Magelang untuk jemput cewenya. Super sekaliii (prok prok prok)... and you know?? Itu posisi jam 2 malem udah ngantuk ngantuk dia otw jemput ke magelang dari Wonosobo yang lama perjalanannya 2 jam kalo ga macet.
Pagi menjelang...

Jum’at, 6 Mei 2016...
Jam 8 / 9 pagi kira kira, Kita dikabarin sama mba Riya (dia yg ngelola home stay nya), bahwa home stay yang udah di booking udah siap untuk di tempatin, nah ini home stay yang kedua ini gue recomended banget sih, soalnya semua ruangannya (ruang tamu, ruang tv, kamar, dapur) lebih luas dari home stay yang pertama, nyaman, enak, dan the most important is water heater.

Ini tampak depan home stay nya

Ini tampak home stay nya.. so comffyy

Setelah kita pindah ke home stay yang kedua, setelah sarapan , kira kira jam 10 pagi kita berempat (masih berempat, ka isya dan syifa belum sampe ke homestay) naik ke padang savana , oke, gue pikir ini kita bakal jalan jalan santai biasa aja, ternyata gue baru tau padang savana itu terletak di bukit! Dan kalian jangan berpikir bukit itu kaya perumahan teletubies ya,  bukit yang ini tinggi dan menguras tenaga L, gue sampe terengah-engah untuk mencapai nya. Hahaha.

Pada percobaan pendakian pertama gue #eaaa, gue cuma sanggup sampe seperlima perjalanan nya(kata bapak bapak yg turun dari bukitnya) ,  ini juga karna kita mulai jam 10 pagi hari Jumat, jadi bang el dan bang Angga harus solat jumat dan kita akhirnya turun lagi pulang ke home stay sekitar jam 11 an siang.

Ini sebelum mendaki di percobaan pertama.

Ini baru awal perjalanan, udah lumayan terengah engah, dan akhirnya pada pendakian percobaan pertama ini gue berhasil sampai foto yang dibawah ini karena waktunya mepet buat solat jumat.

Ini perjalanan seperlima bukit tersebut.

Setelah kembali sampai home stay, Sambil nunggu solat Jumat dan ka isya dan cewenya dateng, dan setelah bantuin Indah masak, gue langsung ngerebahin diri di kasur depan tv karena capek banget hahaha (gue serius).

Sekitar jam 2 an siang, kita berenam (ka isya dan ka syifa udah dateng) semua mulai perjalanan pendakian kembali, setelah gue ngumpulin mental, napas, dan bersiap siap untuk betis yang meng-ngonde. Pendakian bukit ini lama perjalanan nya 20 menit (jika dilakukan tanpa istirahat sama sekali) karena gue ga ada persiapan apa apa sama sekali, dan gue juga ga pernah sama sekali yang namanya naik gunung, jadilah gue istirahat berkali-kali wkwkw, alhamdulilah punya temen baik sabar nungguin gue terengah-engah di perjalanan setiap istirahat hahaha, thx lho.

Itu indah lagi kecapean

yang ini gue yang kecapean hahaha

Lanjut perjalanan, buat bisa senyum bahagia di foto kaya gitu harus atur napas dulu , oiya, kalo kalian perhatiin jalan nya, trek jalan semen itu cuma beberapa meter saja, selanjutnya tanah, tapi aman kok, soalnya udah sering di lewatin orang orang.

Setelah sampai padang savana nyaa lanjut  foto foto...

Mungkin yang kalian liat di gambar gambar ini tempatnya kaya biasa aja, ga da apa apa nya, tapi kalo liat secara langsung itu mata enak bangett liat yang ijo ijo seger di tambah suhu udara yang dingin dingin sejuk gituu.. mantap lah . enak banget buat di lari larian hahaha..

Disini juga ada bukit cinta nya ala ala gunung semeru haha. Kenapa gue bilang ala ala, soalnya itu berada di bukit dan dibikin tanda love-love an oenyoe seperti foto berikut ini.

Setelah foto foto disini kita lanjut turun ke home stay, tapi gue sama Indah lanjut foto foto di hmmm.. (sebutlah sawah).

oke bukan sawah, tapi di suatu tempat yang ciamik buat foto. Mungkin gue bilang sawah karena jalannya dari home stay ke tempat ini ngelewatin sawah sawah kecil punya warga ehehe.

Abis dari sini gue beneran balik ke home stay istirahat dan malam harinya kita lanjut jalan ke Candi Arjuna, di Candi Arjuna ini kita ga bisa foto foto, hmm gimana yaa, sebenernya sih gatau bisa foto foto apa engga, soalnya waktu kita dateng kesana itu, jam 8 malem, di candi nya itu kaya ada orang hindu sedang sembahyang, jadi nya kaya takut nge ganggu orang sembahyang gitu lhoo kalo foto pake flash nya. Finally kita malem itu foto foto di tulisan “DIENG” nyaa ajaah.

Sabtu, 7 Mei 2016.

(Fail) Golden Sunrise Bukit Sikunir

03.30 AM, rencana bangun pagi jam 03.00 ternyata ngaret 30 menit. Karena rencana kita hari ini adalah liat sunrise di bukit Sikunir. Perjalanan dari home stay ke bukit sikunir ini 15 menit menggunakan mobil.  dan rencana hanyalah rencana, namanya juga lagi libur panjang, semua orang se abrek abrek dateng ke tempat wisata bukit sikunir ini, jadilah kena macet, kira kira perjalanan jadi 30 -45 menit. Setelah sampai tempat parkir mobil, kita lanjut lagi jalan kaki kira kira 15-20 menit-an. Tapi yang gamau jalan,disana ada ojek banyak banget yang siap megantar kalian sampai awal bukit untuk pendakian nya, 10rb 1 motor atau bisa 1 motor berdua 15 rb (jadi ojeknya mau gitu di cengtri [mungkin lebih tepatnya cengthree<3> atau bonceng tiga, atau nama lainnya tartig : tarik tiga, ya gitu deh yang kaya cabe cabean gitu hahaha)

Abis sampai di tempat awal pendakian, itu yang namanya orang rame bangettttt!!! Udah kaya jalan raya sampe macet. Gue sih yaa alhamdulillah yaa macet, soalnya jalannya jadi ga cepet, yang artinya ada berenti berenti nya, dan itu bikin gue ga capek. (macet ini cuma di awal perjalanan L)
Tapi, bukit tetaplah bukit, yang naik itu ke atas menanjak huftt..
Bukit ini lebih melelahkan di banding bukit padang savana yang gue ceritain diatas, untuk mencapai bukit nya, ada 2 jalur, yaitu jalur umum (mungkin ini lebih landai) dan jalur alternatif (iya, namanya juga alternatif, jalannya lebih cepet sampe, tapi bikin engap juga tjoyyyy!! Buset deh ga kira kira emang tmn gue milih jalan hahaha) tapi okelah tu orang bertanggung jawab bantuin gue nyampe ke atas wkwk.  Langsung aja ke foto foto nyaa.. check this out!

Ini yang katanya Golden Sunrise

Ini situasi di bukit nya yang gue bilang banyak orang yang sampe macet itu.

Ini Indah, yoi Indaahh... berasa anak gunung..

Ini bang Angga

Ini ka syifa

Ini ka isya

Ini Bang el, yang setelah gue liat liat foto dari dia yang paling bagus hahaha

Begitu pun perjalanan turun bukit nya..

Banyak banget kan orang nyaaa... mantap!

Finally sampe juga ke bawah..

Sampai home stay kembali, kita sarapan , mandi, packing dan check out lanjut ke magelang. Kita menuju borobudur, perjalanannya dari dieng ke magelang ini 2 jam.

Borobudur pun ternyata ramai sekali yaa hmmm.. harga tiket masuknya per orang 30.000 rupiah

By the way, itu kita sewa payung harganya 20rb 3 payung.

Setiap full team bisanya selfie doang...

Setelah dari borobudur ini,, kita pulang, sebelum nya kita anter ka syifa dulu ke mess nya dia, jadi ka syifa ini lagi coas di magelang. Di mess ka syifa istirahat sebentar, dan gue mainan stetoskop sama alat buat tensi nya dia haha, maaf ya bang Angga kena korban (gue sok sokan mau belajar tensi orang gitu, tapi malah ke-kencengan nge-pompa nya wkwkw) akhirnya gue nyoba nge tensi gue sendiri di kaki hahaha ini gue baru tau kalo alat tensi bisa di pake di kaki wkwkwk.

Sekitar 9an malem kita berangkat pulang menuju ciputat....